ADAPUN VISI DAN MISI “GANTARA” YAITU:

VISI:

penuh keberdayaan dan mampu mengaktualisasikan prinsip-prinsip demokrasi, ekonomi, hukum, pendidikan, politik,  dan nilai-nilai hak asasi manusia,  serta kesetaraan gender yang berkesinambungan berdasarkan hukum yang berlaku.

Misi :

  • Meningkatkan upaya penegakkan supremasi hukum dan perlindungan hak-hak masyarakat  atas sumber daya alam dan keanekaragaman hayati serta pemanfaatannya secara berkelanjutan, luas dan merata demi kesejahteraan rakyat bersama.
  • Mendukung usaha-usaha pemberdayaan masyarakat dan kelompok-kelompok terkait, yang memiliki kepedulian terhadap penghormatan dan perlindungan hak asasi manusia dan demokrasi serta pencerdesan dibidang politik agar tercipta demokrasi yang sesugguhnya.
  • Mendukung upaya penelitian, pengkajian dan pengembangan kebijakan pembangunan yang berkelanjutan dan berdimensi hak asasi manusia serta berekeadilan sosial bagi rakyat Indonesia dan kemanusian pada umumnya.
  • Mendorong kerjasama regional, nasional dan internasional dalam rangka perlindungan HAM dan pemanfaatan sumber daya alam berbasis masyarakat dan ramah lingkungan  demi kehidupan kemanusian yang berkesinambungan.
  • Menggalang dukungan dana demi suksesnya program-program YAYASAN “GANTARA” untuk usaha pemberdayaan terpadu masyarakat di seluruh Nusantara dan Sulawesi Tenggara pada khususnya

Prinsip dan Motto  Yayasan “GANTARA”

Prinsip : Prinsip YAYASAN “GANTARA” dilandasi atas 5(lima) kata kunci yaitu; Penegakan Supremasi Hukum, Penegakan dan Perlindungan HAM, Demokrasi dan Pencerdasan Politik, Transparansi dan Penguatan serta Pencerdasan Rakyat Sipil, masing-masing diartikan sebagai berikut :

  1. Penegakan  Supremasi Hukum; yaitu  pemberian pelayanan konsultasi hukum, praktek pengacara untuk penangan perkara dari klien yang dapat dilakukan melalui sebuah forum resmi, pendidikan hukum kritis untuk masyarakat sipil dengan berbagai macam metodeologi yang sifatnya tidak melanggar peraturan.
  2. Perlindungan HAM;yaitu bersama NGO lainnya di Sulawesi Tenggara serta di Indonesia bahkan di Dunia International   melakukan pembelaan (advokasi), melalui aktifitas litigasi maupun non litigasi untuk penanganan pelanggaran HAM di wilayah Sulawesi Tenggara dan Indonesia pada umumnya.
  3. Demokrasi dan Pencerdasan Politik ; dalam pengambilan keputusan, YAYASAN “GANTARA” mengedepankan musyawarah dan mufakat, baik secara internal maupun dengan pihak lainnya dalam mengembangkan sikap dan moral kemanusiaan demi terciptanya rasa keadilan dalam pengambilan keputusan
  4. Transparansi; yaitu dalam menjalankan program, YAYSAN “GANTARA” berupaya bersikap terbuka terhadap konstituent dan stake holder demi tercapainya upaya pengembangan terpadu disegala bidang di Nusantara ini.
  5. Penguatan Rakyat Sipil; YAYASAN “GANTARA”  senantiasa berupaya memajukan masyarakat sipil dalam segala asapek, perekonomian, pemahaman demokrasi dan politik dengan benar, pemahaman hukum dan lainnya melalui program pemberdayaan dan advokasi.

MOTTO :

“MEMBANGUN TATANAN KEHIDUPAN SOSIAL KERAKYATAN YANG  MAPAN SECARA EKONOMI, CERDAS,  RAMAH LINGKUNGAN DENGAN  BERLANDASKAN  KONSTITUSIONAL, SERTA MENGEDEPANKAN NILAI-NILAI HAK ASASI MANUSIA DEMI TERCAPAINYA KEADILAN SOSIAL DISEGALA BIDANG”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s