PAHAMILAH HAKEKAT KITA SEBAGAI MANUSIA

Buah Jatuh Tidak Jauh Dari Pohonnya, Kalimat ini sangat sering diucapkan orang tatkala sedang memperbincangkan seseorang dalam kehidupan ini. Namun, saya sangat tetarik untuk mencoba memaknai kalimat diatas dengan sedalam-dalamnya, sebab menurut saya kalimat Buah Jatuh Tidak Jauh Dari Pohonnya ini menyimpan rahasia hidup yang hakiki serta mengandung unsur makna kehidupan yang sebenarnya dimana berkaitan dengan suratan hidup, layaknya sepenggal lirik lagu Ebiet G Ade Mengapa Daku Telahir Kedunia ini, akan tetapi Kalimat Diatas mengandung rahasia hidup yang sangat mendalam.

Ada yang membuat saya berpikir terus-menerus tentang hal ini, yakni tatkala saya membaca sebuah buku yang menyebutkan cirri-cirit kiamat, yakni salah satunya tatkala Anak penggembala Domba sudah menjadi pemimpin umat.

Secara sepintas, manusia pasti akan menggerutu bahwa berarti hidup ini tidak adil, ada perbedaan dan ada diskriminasi dalam hidup, kalau kita sudah dilahirkan dari keluarga yang miskin maka tidak bisa kita berusaha untuk sama dengan orang kaya serta yang lainnya.

Akan tetapi saya mempunyai penafsiran lain dalam hal ini, yakni kalimat Buah Jatuh Tidak Jauh Dari Pohonnya memiliki hubungan dengan salah satu ciri kiamat tersebut yakni Tatkala Anak Penggembala Domba sudah menjadi pemimpin, dan Serahkan Segala Sesuatu Pada Ahlinya,

Kalimat diatas merupakan ucapan yang sangat luar biasa, falsafah tinggi menurut pikiran saya, yakni kalau saya bisa memetakannya, manusia mesti menyadari bahwa hidup ini sudah ditakdirkan Tuhan dalam segala hal. Namun Tuhan sangatlah Adil, sebab Dalam hidup inipun sudah digariskan bahwa, Tidak akan berubah nasib suatu kaum, apabila kaum itu sendiri yang tidak berusaha merubahnya. Sebuah ajaran untuk kita agar kita pun tidak fasih dalam hidup ini.

Jadi, berangakat dari pada hal ketiga diatas tadi, saya berasusmi bahwa kita manusia mesti menyadari bahwa, dalam menentukan hidup dan peran kita dalam kehidupan ini, mesti kita menyadari akan kekurangan dan kelebihan kita. Sehingga pekerjaan yang mesti diserahkan pada ahlinya itupun dapat terjadi, imbasnya hidup ini akan damai sentosa. Namun, dizaman sekarang ini sangat jarang ditemukan orang yang mau menyadari hal tersebut. Malah yang terjadi semua orang merasa lebih hebat, bahkan menurut fakta , banyak orang yang secara tidak sadar sudah menunjukan tingkah laku yang sudah menempatkan dirinya tidak lagi mengakui adanya takdir dalam hidup yang berada di dalam genggaman kekuasaan Tuhan yang menentukan Qada dan Qadar. Yakni berprilaku mau menunjukan kehebatan dirinya dihadapan orang lain, agar dia mendapatkan pengakuan yang luar biasa, padahal tanpa disadari terkadang mencederai bahkan menzolimi sesamanya. Dan itu semua merupakan Rahasia Dari Ketiga Kalimat:

“BUAH JATUH TIDAK JAUH DARI POHONNYA, TATKALA ANAK PENGGEMBALA JADI PEMIMPIN, SERAHKAN SEGALA SESUATU PADA AHLINYA”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s